Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English Japanese

Whistle Blowing System

Whistle Blowing merupakan sistem yang dibuat dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan pekerja untuk memberitahukan penyimpangan yang dilakukan oleh perusahaan ataupun manajemen secara pribadi kepada pihak lain, baik itu umum ataupun instansi atau atasan yang berkaitan langsung dengan yang melakukan penyimpangan tersebut.

Ada dua macam Whistle Blowing, yaitu :

  1. Whistle Blowing Internal : ini terjadi dalam lingkup internal perusahaan, dimana yang melakukan penyimpangan adalah manajemen di dalam perusahaan kemudian pekerja memberikan informasi ke atasan yang bersangkutan, karena tindakannya dapat merugikan perusahaan.
  2. Whistle Blowing eksternal : Whistle blowing eksternal terjadi ketika masyarakat mengetahui penyimpangan yang dilakukan oleh perusahaan, pekerja, dan manajemen  yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan.

Tujuan dari WBS adalah sebagai pedoman dalam mempermudah dan mempercepat proses pelaksanaan penyelesaian pengaduan atas adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh terlapor.

Pelanggaran yang dapat dilaporkan adalah semua perbuatan yang menyimpang atau bertentangan dengan peraturan perusahaan, kode etik, melawan hukum dan segala perbuatan di luar ketentuan yang dapat mengakibatkan kerugian secara materiil maupun penurunan citra perusahaan.

Kategori pelanggaran meliputi :

  1. Pelanggaran Peraturan Perusahaan
  2. Pelanggaran Pedoman Etika dan Perilaku
  3. Penyalahgunaan kewenangan jabatan
  4. Tindakan yang menyebabkan hilang/berkurangnya pendapatan perusahaan
  5. Kecurangan/penggelapan/pencurian aset-aset perusahaan
  6. Pelanggaran dalam proses pengadaan barang dan jasa

Media Pengaduan :
Surat dengan alamat :
PT. Panca Wira Usaha Jatim
Gedung JX International
Jl. A. Yani No. 99,
Surabaya - 60237
Telp. 031-8484652
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Site Login